Wednesday, September 25, 2013

TIPS BACKPACKING DOMESTIC minimalis

Kenalilah keindahan negaramu baru injak dunia... 

di post ini saya akan membelokkan pemikiran yang menganggap backpacking itu hanya buang-buang uang (versi domestic) --> *cekidot

DIENG PLATEAU
1. dESTINATIOn 
Tentukan destinasi atau tujuan kamu dahulu. Luar kota, luar provinsi, luar pulau, atau luar biasa??
Jenis destinasi apa yang akan kamu kunjungi, Alam, Kota Budaya, Kota Pelajar, atau Kota-han saja keinginanmu dan tidak jadi backpacking.. hehehe :D
  • Plesir Alam
Destinasi backpacking yang paling "aman" dari serangan syaiton2 shopper windows adalah ALAM.
kamu benar-benar bisa meminimalis budget seminimalis mungkin jika ingin plesir alam.
 Gunung contohnya, peralatan-peralatan apa saja yang seharusnya dibawa ketika naik gunung tentu peralatan pendakian. cekidot ya di link ini PENDAKI PEMULA (klik) untuk tips-tips dari yang lebih ahli.

HARVEST THE SUNRISE
  Pantai..
untuk cewek mungkin pantai akan sedikit ribet jika mereka masih terbiasa dengan aroma kota. Sunblock, Sabun, Moisturizer, Shampoo, Vitamin blablabla, Sunglasses, Underwear, dan blablabla akan menekan budget kamu bahkan sebelum kamu bisa bermain di pasir pantai.
 Coba sediakan semua peralatan kewanitaan kamu sebelum berangkat, bawa saja apa yang ada, tidak perlu belanja. maksimalkan buduget pada akomodasi dan logistik.
bawalah tenda jika planing kamu untuk stay over, tp tidur di atas pasir ditemani bulan purnama terasa jauuuuhhhhh lebih indah drpd harus di dalam tenda.
KEEP WAVES AND PHOTO
AIR sangat penting jika planing kamu adalah Susur Pantai. jika planing kamu sekedar di pantai pinggir jalan raya yang mudah diakses sebaiknya bawa botol kosong dan beli isi ulang. selain menghemat budget dan bawaan, kamu membantu meminimalisir sampah :)
Sunblock please... SPF 30 is the way better :)

  • Kota Budaya
Backpacking kota-kota? 
Solo, Jogja, Bandung, Malang, Denpasar, Lombok, dll bisa jadi destinasi yang menggiurkan untuk di datangi. berjalan menyusuri jalan raya dengan tas backpack dan SLR atau camdig akan menjadi pemandangan yang menyenangkan bukan? Let's roll.....!!!!

 Solo
kotanya Jokowi ini memang sekarang menyuguhkan berbagai event untuk dinikmati. sebut saja annual eventnya ada SIPA (Solo International Performing Arts), SoloCityJazz, Solo Batik Carnival, dan banyak lagi.  itu akan menjadi hiburan sendiri bagi para pejalan dunia, baik domestic ataupun internasional.
SIPA 2013

SIPA 2012
SIPA 2011
SOLO BATIK CARNIVAL

 tekan budget pada makanan, karena kuliner Solo harganya sangat nyaman di kantong. no need to eat in a restaurant that will bring you to regrets. pilih hostel atau hotel khusus para backpacker. coba di Keprabon atau Mangkunegaran :) or just contact me and i will guide you :)


JOGJA KEMBALI
 Jogja
"Pulang ke kotamu, ada setangkup haru dalam rindu...."
 Yesss.. Jogja has many memories :* There are always reasons to go back to this city..
Malioboro, Gunung kidulnya, Alun2 kidul, Prawirotaman, Condong caturnya.. every space has its own atmosphere.
tapi awas! inget budget! tutup mata ketika kita jalan2 ke Malioboro. Oleh2 perlu tapi coba deh listnya dire-check, bener tu si A pantes dpt oleh2? pelit gitu.. si B kan baik hati kenapa g masuk llist? aduh re-check deh! sesuaiin sama budget. setidaknya 25% aja buat olelh2, sisanya akomodasi kita.
Wisma! plan buat sleep over. Prawirotaman banyak banget tuh wisma yang twin bed suasana rumahan dan harga yang oke. 100rb-an dah bisa tidur nyenyak dan disediain macem2 model bule-bule alias londho-londho di sana.
JOGJA HAS HISTORY :p
FYI, buat yang seneng tattoo, di sana banyak studio tattoo :D
emang jauh sih dari pusat kota, tapi ada becak kq dengan tarif Rp.15.000,-an aja.
klo mau yg agak menjorok ke kota, coba deh cari di daerah Jl. Gejayan. di sono sih modelnya hotel tp cukup terjangkau juga kq.
PS : Please don't ever try to go to the club if you don't have more budget! (Boshe.. Embassy.. Liquid.. Hugo's..blabla..blablabla..*tutupmata)





2. tRANSPORTATIOn
Transportasi penting donk, kecuali kamu backpacker usang yang anti transportasi dalam kota (kemana2 jalan kaki)
klo perginya ke Bali, aku saranin sih naik pesawat terbang aja PPnya tp INGET hunting tiket promo aja. cek deh AirAsia
yang sering ngadain tiket promo Jogja-Bali PP.
Pernah sih ke Bali by bus tp ribet deh yakin dan sebenernya sea-sick juga sih,, hehehe..

akomodasi kota untuk tarif sih kalo selama masih di negeri sendiri gak jauh2 beda deh sama tarif dari kota asal. yang paling penting JANGAN PERNAH NAIK TAKSI

kecuali kamu kepepet pengen boker dan cepet2 harus dpt jamban atau kamu seorang backpacker yg lagi hamil 9 bulan dan keburu ngelahirin.
Cari tau, destinasi kamu nyediain Sewa Motor atau Sepeda enggak, itu akan sangat membantu kamu menjaga budget kamu. selain irit, kan kamu bisa bebas keliling2 menikmati kota :) 

3. sLEEP OVEr
Estimasi waktu juga akan memperngaruhi budget. Klo kita kebetulan punya banyak waktu, jangan stuck di hanya 1 atau 2 kota saja, jelajahi saja kota-kota terdekat. Cara mengakali budget adalah, menekan tempat menginap. klo jarak tempuh 1 kota ke yang lain cukup jauh, gunakan perjalanan malam agar kita bisa membelokkan tempat menginap ke "menginap di perjalanan"..
contoh :
kamu di Malang mau ke Bali sekalian, gak perlu kan menghabiskan malam di Malang untuk ke Bali pagi harinya? malam langsung cabut ke Bali, gunakan waktu istirahat di perjalanan. capcusssss
akan lebih indah lagi jika jaringan pertemanan kita luas, jurus jitu "numpang nginep" donk boooooo


jangan sampe salah kuliner
4. lOGISTIc
Logistik itu urusan perut. terkadang kita gak cocok sama makanan daerah yang memang berbeda taste jauh dari lidah lokal setempat kita. cari amannya ya mie instant :D
tapi saran saya, backpacker itu harus mau mencoba kuliner suatu daerah. Katanya kan belum ke sono klo belum nyobain kulinernya.
TAPI INGET jangan pernah ente sekali-kali menjejakkan kaki di restaurant! Backpacker gak ada yang kaya begitu ;) ok?!



5. gADGEt
Puenting sepuenting puentingnya nih barang jaman sekarang. ah ky gak tau otak elu pade.. hahaha..
update status, check-in, foto, upload instagram, blablabla.. *ngaca nih penulis?
tapi di balik itu semua, jangan sepelekan hal lain yang lebih penting. Komunikasi dengan orang rumah atau temen dan GPS.
Kamera juga sih termasuk
gadget. buat yang SLR klo cuma keperluan kamu backpacking personal, saran ane sih gak usah bawa lensa tele. ntar ente susah bawa ditinggal meleng bentar ilang dah tu kamera. camdig mungkin lebih praktis :)
jangan semua gadget yang ente punya dibawa ya, ntar udah Blackberry, iPhone, Samsung TAB, iPad, iPod, Laptop juga dibawa.. MasyaAllah ntar dikira ROXY punya penjual keliling donk.
PENTING, charger dan power bank ya :)


 6. sOUVENIRs
simple sih yang bagian oleh2 ini (klo menurut saya lho ya) Replika Landmark dan Fotooooo... many photos :D
itu udah jadi oleh2 yang invaluable banget (iye bener sih gak ada harganya).
bukannya pelit, tapi kita kan backpacker, klo mo banyakan oleh2 ya piknik keluarga aja kan beres :D
klo saya sih, saya lho ya.. oleh2 selalu saya beli miniatur, itu udah represents whole city sih sama tattoo :)

7. uNEXPECTED COSt
biaya tak terduga bisa jadi adalah biaya sebesar 60% sendiri untuk kamu simpan kalau-kalau ada hal yang tak terduga muncul. misal, misalnya aja sih dompet kamu jatuh di kali terus hanyut bersama derasnya aliran kali itu, kamu kan masih punya dana cadangan, udah colut aja pulang. INGET jangan meletakkan dana cadangan 1 ruang dengan uang saku inti kamu. lha gimana cerita klo dompet kamu yg hanyut itu terdapat juga dana cadangannya? tamat donk hidup ente di kota orang.


Berminat menjajal nyali Backpackeran domestik? Mulalilah dari Bali :) Berhasil kamu ke Bali tanpa membuka kantong "dana cadangan" berarti kamu sukses menjadi backpacker minimalis :)

No comments:

Post a Comment